Laman

Selasa, 11 Oktober 2011

konsep ilmu budaya dasar dalam kesusastraan

Sebelum menerangnkan apa materi yang akan disampaikan kita mengenal apa artinya Ilmu Budaya. Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Fungsi kebudayaan adalah agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya berbuat dan menentukan suatu hubungan dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya. Apabila tidak ada kebudayaan maka Negara kita ini akan tidak bisa mengerti sifat orang satu sama lain.
Sedangkan karya sastra adalah penjabaran abstraksi, namun filsafat yang menggunakan bahasa juga disebut abstrasi. Maka abstrak adalah cinta kasih,kebahagian,kebebasan dan lainnya yang digarap oleh filsafat. Maka Sastra kadang disebut naratis fiction, prose fiction atau fiction saja,dalam bahasa Indonesia dterjemahkan sebagai cerita rekaan dan diartikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pameran,lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi.
Hubungan ilmu budaya dasar dengan sastra ialah :
1.      Sastra dan pengalaman hidup
Sastra berfungsi sebagai perekam dan penyampaian pengalaman dalam sastra disebut “pengalaman perwakilan“. Pendekatan pada pengalaman perwakilan dapat dilakukan dengan suatu kemampuan yang disebut ” Imaginative Entry “.
2.      Kesadaran Individual
Dengan sastra seseorang dapat mengerti pikiran manusia,baik diri sendiri maupun orang lain.
3.      Sastra dan keinsyafan sosial.
Sastra memberitahukan manusia sebagai mahluk sosial yang terlibat dalam masalah dan problem sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar