Laman

Kamis, 05 Juni 2014

Handphone yang berbasis Android, IOS, dan Windows phone

Pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang persaingan Handphone yang berbasis Android, IOS, dan Windows phone yang sangat ini dalam persaingan.
Dunia teknologi yang semakin berkembang dan persaingan bisnis yang ketat memicu berbagai produk melakukan inovasi secara terus menerus. Tak terkecuali di dunia ponsel, ponsel pintar (smartphone) tengah berkembang di era teknologi informasi ini. Berbagai aplikasi dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai merk ponsel menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Begitupun dengan operating system (OS) yang dipakai, OS ini sangat mempengaruhi kinerja dan fitur dari sebuah smartphone.
Adapun tiga OS yang tengah fenomenal adalah android, iOS dan Windows Phone. Ketiganya menjadi topik hangat yang banyak dikupas di media masa maupun di berbagai perbincangan. Hal itu disebabkan munculnya versi – versi baru dari perangkat tersebut dengan keunggulannya masing-masing.
Tidak bisa dipungkiri, Android dan iPhone merupakan platform ponsel pintar paling populer saat ini. Walaupun Windows Phone tertinggal cukup jauh untuk sekadar mendekati jumlah pangsa pasar antara Android dan iPhone

Android
Perlu diketahui, android adalah sistem operasi berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti penggerak. Android Inc yang ketika itu pendatang baru yang membuat peranti bergerak dibeli oleh Google Inc. Android mengalami perkembangan pesat sampai sekarang ini.

iOS
Jika iOS yang sebelumnya iPhone OS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh.

Windows Phone
Adapun Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft. Windows phone sendiri juga mengalami banyak perubahan mulai dari Windown Phone 7 hingga kini Windows Phone 8. Lebih dari itu, sebenarnya fungsi Windows Phone 8 juga diharapkan untuk dapat menggantikan fungsi PC dekstop sementara, jadi bukan hanya untuk perangkat mobile. Memang sudah terkenal bahwa keunggulan platform dari microsoft ini adalah pada User Interface yang mudah digunakan, jadi pada Windows Phone 8 ini akan terasa sangat optimal penggunaannya dalam fungsi tochscreen. Untuk lebih mengenal apa saja keunggulan Windows Phone 8.

Kelebihan Android, iOs, dan Windows Phone
Tentu, baik Android, iOS, maupun Windows phone, memiliki kelebihannya masing-masing diantaranya :
Android
·         Open source
Ibarat sistem informasi pada desktop, android adalah Linux untuk tablet. Adroid adalah sistem informasi yang berbasis kernel Linux, sistem informasi yang terbuka. Google merilis source code Android untuk memudahkan developer yang akan menciptakan aplikasi andoid.
·         Google serius kembangkan Android
Keseriusan google dalam mengembangkan android dibuktikan dengan kemajuan android secara signifikan. Sampai saat in saja android telah dikembangkan sampai pada generasi keempat atau disebut ice cream Sandwich.
·         Ketersediaan aplikasi yang berkualitas
Sifat open source yang dimiliki android membuat developer antusias dalam mencipta aplikasi. Sehingga aplikasi berkualitas dan gratispun bisa didapatkan, mulai dari kategori game, sosial media, entertainment, hingga aplikasi perkantoran.
·         Developer rajin meng-upgrade aplikasi
Android selalu ‘up-to-date’ untuk melakukan perubahan. Jadi tiap kali ada ‘bug’ yang ditemukan, developer akan menyediakan “patch” untuk memperbaikinya. Selain itu, setiap versi yang diupgrade akan meningkatkan performance OS itu sendiri.
·         Keberagaman pemilihan perangkat
Perangkat android tidak hanya diproduksi oleh satu vendor. Google memang tidak tertuju pada satu vendor untuk mengadopsi android.

iOs
Dikutip dari situs Time, Kamis, 24 Oktober 2013, mereka melakukan perbandingan antara Android dengan iOS. Dari hasil perbandingan di berbagai aspek, ditemukan bahwa iOS memiliki empat hal yang tidak dimiliki Android. Berikut rinciannya:
·         Lebih Aman
Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.
Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.
·         Lebih Mudah
Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.
·         Desain Menarik
Tampilan iOS didisan khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yangcatchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad.
Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5Sbahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.
·         Update Tidak Terbatas
Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini.
Bagi pengguna iPhone, tidak ada diskriminasi dalam pembaruan sistem operasi iOS 7. Sejak diluncurkan September lalu, semua perangkat iOS bisa meng-update dan menjalankan sistem operasi ini. Memang sempat ada gangguan untuk pengguna iOS 6 untuk upgrade ini, tapi sejak 22 Oktober lalu, Apple kembali mengupdate iOS 7 menjadi iOS 7.0.3 dan belum ada laporan gangguan dari pengguna.

Windows Phone
Windows Phone mungkin tidak memilik pangsa pasar atau aplikasi sebesar ponsel-ponsel berteknologi iOS dan Android, namun OS seluler Microsoft ini memiliki lebih banyak keunggulan dari yang Anda bayangkan. Malah dalam banyak hal, Windows Phone mengombinasikan keunggulan-keunggulan dari para pesaingnya; ponsel ini lebih mudah untuk dipersonalisasikan dibandingkan iOS, namun Anda tidak akan mendapatkan fragmentasi OS dan branding produsen seperti yang Anda peroleh dengan Android.

Tidak semua karakteristik ini hanya ada di Windows Phone. Beberapa fitur yang kami sudah sebutkan dapat diduplikasikan di iOS dan Android dengan kombinasi yang tepat antara setting dan aplikasi pihak ketiga, namun hal-hal tersebutlah yang membuat Windows Phone beroperasi lebih intuitif atau lebih nyaman bagi penggunanya.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar