Laman

Selasa, 29 April 2014

Pengertian Cloud Computing (Komputasi Awan)

Pendahuluan
Komputasi awan (Cloud Computing) adalah di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan).
Cloud Computing (Komputasi awan) menurut sumber wikipedia adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis  Internet . Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)  dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain." 

Diagram konsepsual dari Komputasi awan

Manfaatnya dari Cloud Computing
Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti :
1.      Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
2.      Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat
3.      Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena system pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah
4.      Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping

5.      Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.












Gambaran Dari Cloud Computing
Agar anda bisa lebih jelas lagi tentang istilah Cloud computing ini,saya ambil gambaran yang di muat diblog ( sedekahmateri.blogspot.com) dalam blog ini,gambaran dari Komputasi awan dimisalkan sebagai berikut :
Kita semua adalah para pemakai listrik pasca bayar.Dalam menikmati layanan dari PLN ini, kita tentu tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik,yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misal-nya kita ada acara nikahan), kita tinggal ajukan tambah daya ke PLN, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal ajukan kembali ke PLN (dimisalkan juga layanan dari PLN ini bersifat flexsibel).
Ketika memakai layanan listrik dari PLN, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika mereka ada kerusakan alat, bagaimana proses perawatan alat-alat tersebut, dsb. Inti-nya kita cukup tahu bahwa kita bisa menikmati listrik dan berkewajiban membayar biaya tersebut tiap bulan, sedangkan PLN sendiri berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan kita berdasarkan level layanan mereka.
Dari analogi PLN diatas, adalah sedikit gambaran dari Cloud, dimana Cloud Computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layananan Cloud Computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian, walaupun ada juga penyedia layananan yang menggratiskan layanan-nya. Saat kita butuh tambahan layanan, kita bisa meminta segera penambahan layanan tersebut, dan juga sebalik-nya (elastis).

Contoh Aplikasi Cloud Computing
Terkait dengan artikel sebelumnya mengenai “Aplikasi Perkantoran di Era Cloud Computing”, pada artikel kali ini akan dibahas beberapa contoh aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing. Aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing memungkinkan kolaborasi kerja secara online dengan segala fitur yang ada seperti penyimpanan data secara online, layanan rapat online, pembuatan berbagai jenis dokumen, dan banyak hal lain.
Untuk bisa memberikan gambaran yang lebih jelas, akan dibahas lebih mendalam mengenai kekurangan dan kelebihan beberapa contoh aplikasi perkantoran yang ada, yakni Google Apps, Office 365, dan Zoho, dilihat dari beberapa aspek.
Google Apps
Google Apps terdiri dari sekumpulan aplikasi berbasis cloud dengan beberapa bagian utama yaitu Google Apps Email, Kalender, Drive, Docs, Sites, serta Vault (pengarsipan). Saat ini paket Google Apps terdiri dari 3 pilihan yaitu Google Apps-Free, Google Apps for Business, Google Apps for Business dengan vault
Office 365 
Office 365 merupakan sekumpulan aplikasi Microsoft Office System berbasis Cloud Computing sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Layanan Office 365 terdiri dari beberapa bagian utama yaitu Office Web Apps, Office Professional Plus,SharePoint Online, Exchange Online, dan Lync Online.
Zoho
Sebagaimana Google Apps dan Office 365, Zoho terdiri dari sekumpulan aplikasi berbasis Cloud Computing sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses melalui situs yang disediakan. Aplikasi perkantoran yang ditawarkan oleh Zoho terdiri dari 3 kategori utama yaitu Business Apps, Collaboration Apps, serta Productivity Appsdengan jumlah aplikasi mencapai lebih dari 20 jenis. Aplikasi pada Zoho dapat digunakan secara Cuma-Cuma oleh pengguna individu. Namun Zoho menawarkan berbagai jenis paket untuk bisnis atau perusahaan dengan berbagai kategori sesuai dengan jenis kebutuhan pengguna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar