Laman

Minggu, 28 November 2010

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Saya membuat artikel ini menjelaskan tentang Sosialisasi. Sebenernya apa si artinya dari Sosialisasi? Mungkin Sosialisasi seering kita dengar. Ada sebagian yang ngerti tentang Sosialisasi dan ada yang belum mengetahui Sosialisasi. Yang belum mengetahui Sosialisasi diblogger saya ini akan menjelaskan apa si sosialisasi?

Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar seseorang anggota masyarak untuk mengenal dan menhayati norma-norma serta nilai-nilai masyarakat tempat ia menjadi anggota sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berprilaku sesuai dengan tuntunan atau perilaku masyarakatnya.

Proses sosialisasi biasanya dimulai dari keluarga kemudian ke tetangga, teman sebaya, sekolah, masyarakat terbatas, komunitas kerja dan masyarakat luas.

Jadi udah pada ngerti kan apa itu sosialisasi. Sekarang saya akan menjelaskan semua yang mencakangkup Sosialisasi. Dan satu ini kita akan menjelaskan jenis dari sosialisasi. Berdasarkan jenisnya, sosialisasi dibagi menjadi dua : Sosialisasi primer atau disebut juga dalam keluarga dan sosialisasi sekunder atau disebut juga dalam masyarakat. Menurut Goffman kedua proses tersebut berlangsung dalam institusi total, yaitu tempat tinggal dan tempat bekerja .

· Sosialisasi primer

Menurut Peter L. Berger dan Luckmann menjelaskan Sosialisasi primer seagai sosialisasi pertama yang dijalankan indivdu semaasa kecil dengan belajar menjadi anggota masyarakat. Jadi dalam maksud pengertian ini, peran orang-orang yang terdekat dengan anak menjadi sangat penting karena seorang anak melakukan interaksi secara terbatas didalamnya.

contoh dari sosialisasi primer

· Sosialisasi sekunder

Sosialisasi sekunder yaitu suatu proses sosialisasi lanjut setelah sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok tertentu dalan masyarakat. Contoh bentuk dari sosialisasi sekunder adalah resosialisasi dan desosialisasi. Maksud dari proses resosisalisasi yaitu seorang diberi suatu identitas diri yang baru. Sedangkan desosialisasli, seorang mengalami pencabutan identitas diri yang lama.


Mungkin ini saya saja yang saya jelaskan dalam artikel ini..

kurang lebih mohon maff..

terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar